Kewirausahaan - Konsep Usaha

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down

Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by DendiPratama on Tue 15 Apr 2008, 02:21

Mulai saat ini, anda diwajibkan untuk mengumpulkan tugas dengan account/ nama anda sendiri. Pengumpulan tugas yang "dititipkan" atau menggunakan nama orang lain tidak akan dihitung sebagai bentuk pengumpulan tugas anda. Segera register/ log-in dengan nama anda sendiri.
"Kalau mau belajar, PASTI BISA"

Sebelum mengerjakan tugas kewirausahaan lebih lanjut, ceritakan dulu
KONSEP rencana usaha anda di thread ini. Setelah itu baru kita beranjak
ke rincian tugasnya.

Silakan. cheers


Last edited by DendiPratama on Thu 17 Apr 2008, 23:19; edited 2 times in total

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by wulandari on Thu 17 Apr 2008, 13:52

em.....m...saya mau ke bidang fotografi wedding atau warnet, jd mohon petunjuknya Very Happy
kalo fotografi wedding di daerah saya emang udah ad studio foto, tp kayaknya u/ kls menengah gitu, lagian kan di daerah saya jarang bgt ada fotografer cewek............
kalo warnet di daerah sy (kebagusan) baru ada 2, dah gitu jauh2......
ok, sir, that's my planning...

wulandari

Number of posts : 12
Registration date : 2008-04-16

View user profile

Back to top Go down

konsep usaha

Post by ronie on Thu 17 Apr 2008, 14:25

Ass..

pa konsep usahanya saya ingin mendirikan sebuah warnet yang terjangkau oleh kalangan mahasiswa dan pelajar..menciptakan warnet yang nyaman...
lokasi usaha di sekitar lingkungan UNINDRA...karena blm ada warnet di sekitar UNINDRA, (ada jg warnet tapi jauh bgt..bikin males jalan) dan juga menawarkan paket-paket khusus yang sangat menguntungkan..misalnya 1 jam Rp 4000, kalo ada yng ingin main paket 1 jadi 2 jam Rp 6000...paket 2, 3 jam Rp 9000 dsttt..... Rolling Eyes Laughing

Wss.....

ronie

Number of posts : 4
Registration date : 2008-04-17

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by mr.nico on Sat 19 Apr 2008, 21:20

salam DKV....!!!

saya mw buat usaha dibidang distro..

konsepnya...
1.untuk lokasi saya pilih didaerah tebet,karena disana banyak peminat barang2 distro
dan tempatnya asikm jg untuk nongkrong anak2 muda.
2.untuk segmentnya,distro ini nantinya menargetkan untuk usia remaja,antara usia
15-27th.karena rata-rata usia segitu yang banyak menyukai produk2 distro.Biasanya
para anak remaja suka mengikuti perkembangan trend,jadi distro ini nantinya akan menyediakan
produk2 yang baru dengan sesuai mengikuti trend yang ada.
3.Untuk produknya,distro ini akan menjual produk2 seperti : kemeja,kaos,topi,tas,celana&accecoris
lainnya.Karena biasanya barang2 seperti itu yang sedang diminati para kaula muda.
dunia trend selalu berkembang seiring perkembangan zaman,jadi untuk usaha ini saya pikir tidak ada
matinya..hhehe...

mr.nico

Number of posts : 20
Registration date : 2008-04-15

View user profile

Back to top Go down

Tanggapan u/ Konsep Wulan, Roni dan Nico

Post by DendiPratama on Sun 20 Apr 2008, 00:47

wulandari wrote:em.....m...saya mau ke bidang fotografi wedding atau warnet, jd mohon petunjuknya Very Happy
kalo fotografi wedding di daerah saya emang udah ad studio foto, tp kayaknya u/ kls menengah gitu, lagian kan di daerah saya jarang bgt ada fotografer cewek............
kalo warnet di daerah sy (kebagusan) baru ada 2, dah gitu jauh2......
ok, sir, that's my planning...
Wulan, usaha fotografi pernikahan, menurut saya gak akan pernah jenuh, artinya permintaan akan selalu banyak. Penawaran juga akan terus bertambah, apalagi perkembangan teknologi fotografi saat ini, semakin canggih, semakin mudah dan murah. Persaingan akan terus bermunculan, baik dari studio yang "memasang" plang sampai usaha rumahan/ freelance.

Karena fotografi pernikahan adalah "jasa sekali pakai" bagi si konsumen (kecuali kalo konsumennya niat nikah berkali-kali), maka perlu dipikirkan betul bagaimana cara mencari konsumen seluas-luasnya. Bagaimana jasa sekali pakai ini dapat berkesan bagi konsumen anda, sehingag apabila ada keluarga, rekan, kerabat konsumen anda memerlukan jasa fotografi pernikahan mereka bisa merekomendasikan anda langsung ke yang membutuhkan. Bagaimana anda membuat kesan yang mendalah bagi konsumen anda adalah hal yang paling penting, jadi walaupun mungkin mereka tidak akan memakai jasa anda lagi, tapi pelayanan dan hasil kerja anda akan terus diingat.

Warnet di pemukiman? seberapa besar kebutuhan masayarakat sekitar akan warnet? mengingat untuk berlangganan internet di rumah sudah sangat mudah dan murah, atau bila tidak berlangganan pun suatu saat masayarakat memerlukan jasa internet bisa dengan sewaktu-waktu menggunakan jasa telkomnet instan. Berapa banyak sih rumah yang tidak pakai telepon telkom?



ronie wrote:Ass..
pa konsep usahanya saya ingin mendirikan sebuah warnet yang terjangkau oleh kalangan mahasiswa dan pelajar..menciptakan warnet yang nyaman...
lokasi usaha di sekitar lingkungan UNINDRA...karena blm ada warnet di sekitar UNINDRA, (ada jg warnet tapi jauh bgt..bikin males jalan) dan juga menawarkan paket-paket khusus yang sangat menguntungkan..misalnya 1 jam Rp 4000, kalo ada yng ingin main paket 1 jadi 2 jam Rp 6000...paket 2, 3 jam Rp 9000 dsttt..... Rolling Eyes Laughing

Wss.....
Ronie, Bukannya di sekitar unindra sudah ada beberapa warnet yang terjangkau??? Apa istimewanya rencana warnetmu?



mr.nico wrote:salam DKV....!!!
saya mw buat usaha dibidang distro..
konsepnya...
1.untuk lokasi saya pilih didaerah tebet,karena disana banyak peminat barang2 distro
dan tempatnya asikm jg untuk nongkrong anak2 muda.
2.untuk segmentnya,distro ini nantinya menargetkan untuk usia remaja,antara usia
15-27th.karena rata-rata usia segitu yang banyak menyukai produk2 distro.Biasanya
para anak remaja suka mengikuti perkembangan trend,jadi distro ini nantinya akan menyediakan
produk2 yang baru dengan sesuai mengikuti trend yang ada.
3.Untuk produknya,distro ini akan menjual produk2 seperti : kemeja,kaos,topi,tas,celana&accecoris
lainnya.Karena biasanya barang2 seperti itu yang sedang diminati para kaula muda.
dunia trend selalu berkembang seiring perkembangan zaman,jadi untuk usaha ini saya pikir tidak ada
matinya..hhehe...
Mr.Nico, Dari sekian banyak distro bagus-bagus di tebet, apa kehebatan dan keistimewaan yang mau kamu tawarkan?


Last edited by DendiPratama on Tue 22 Apr 2008, 21:10; edited 1 time in total

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by DendiPratama on Sun 20 Apr 2008, 00:52

ronie wrote:Ass..
pa konsep .....[deleted]....
Wss.....

Usahakan menghindari menulis salam dengan hanya menuliskan "Ass.."
Bahaya, dalam bahasa asing apa artinya itu???

Hati-hati ya....

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Konsep saya nih Pak...

Post by fika on Mon 21 Apr 2008, 08:29

Kmarenan Saya udah masukin ko ga ada lagi ya.. kayak tugas digital painting aja, ga masuk.. cuape deh.. Crying or Very sad


Konsep Usaha



Konsep Saya yang pertama...

DisTro Kampus yang berada didaerah Depok.

Di Depok kan banyak kampus ya Pak,

Ada GunDar, UI..

Mungkin Distro juga udah ada...

Tapi Konsep disTro saya itu berhubungan dengan jurusan2 dikampus..

Misalnya ada Kaos yang gambarnya tokoh sosiologi untuk jurusan sosiologi,

Trus ada gambar DNA untuk jurusan biologi.

Sebenernya sih ga dikhususin banget untuk program studi tertentu, tapi emang konsepnya awalnya gitu.. terserah sih siapa tau nanti anak ekonomi mau beli kaos bergambar monalisa??

Selain Kaos, ada Tas yang bermotif bunga atau Ornamen2 klasik , bisa juga Batik.



Kaos, Tas,...dan... ada lagi Pak..

Spatu !

Sepatu dilukis pakai cat khusus bahan.. Jadi ada nilai estetisnya...

Keren ga Pak..?





Konsep kedua

Di Unindra kan ada peraturan memakai kemeja...

Bagaimana klo bikin Distro Kreatif di deket Unindra?

DisTro-nya menjual Kemeja, Kaos berkerah, Tas, Sepatu, dan aksesoris.

Desain kaos berkerah & kemeja boleh dari komputer trus disablon digital.

Untuk desain sepatu dan Tas, di cat pakai cat khusus bahan.. bernilai seni.. seperti sapuan kuas yg membentuk ornamen atau apa saja. Desain dengan komputer juga bisa.



NAH...

Kan aNak DeKaVe banyak Pak..

Uniknya... DisTro ini menjual Sepatu, Tas atau kaos berkerah (pokoknya item2 yang dijual) yang masih Polos untuk didesain sendiri, khususnya anak DeKaVe, dengan kreativitas masing-masing, Lalu Dijual di DisTro Saya..

Pastinya nama si Kreator dipajang deket produknya dan diberi sedikit konsep mengenai “Coretan seni” itu..

Atau setelah si kreator itu mendesain sendiri, ya boleh dibawa pulang setelah membayar sepatu polos + tinta bahan itu, misalnya.

fika

Number of posts : 9
Age : 30
Location : jakarta
Registration date : 2008-04-16

View user profile http://ariefika.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by Retno Dwi MP on Mon 21 Apr 2008, 14:11

Rencana wirausaha : Warung
makan masakan Jepang.



Alasannya; kenapa disebut
warung? Karena warung makan ini rencananya dibuat dipinggir jalan atau warung
makan pinggiran. Umumnya masakan Jepang selalu ada di mall-mall atau food court-foodcourt,
dan terkesan mewah juga mahal. Tujuannya dibuat warung makan masakan Jepang ini
agar menunjukkan bahwa masakan Jepang
juga dapat dinikmati dipinggiran jalan.



Segmentasi
: masyarakat umum, Pondok Pinang, Jakarta
Selatan.

Retno Dwi MP

Number of posts : 11
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-04-16

View user profile http://kubano.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by bruri on Mon 21 Apr 2008, 16:34

kalo saya, meskipun ga punya bakat di bidang fotografi, tapi saya pengen punya ...apa ya kayak biro fotografer gitu atau advertising kecil2an untuk menengah kebawah...tapi dengan harga miriiiiing banget...ini dikarenakan masyarakat di Indonesia khususnya DKI Jakarta masih banyak yg tergolong kelas bawah (tetapi setiap manusia pasti ada keinginan untuk bisa memiliki memori2 yg terekam dalam waktu yang lama)

misal gini, ada sepasang suami istri yg baru menikah tetapi dia tdak punya biaya untuk mengabadikan moment terindahnya, untuk itulah kita hadir, alias menawarkan dengan harga yang terjangkau serta kualitas kelas atas.

Pemasaran dilakukan lewat media cetak dan internet...untuk karyawan saya bisa bikin iklan ex. "Dibuka lowongan kerja praktek Desain/fotografi bla...bla..." Jadi mereka untung bisa dapet KP saya juga untung dapet duit...hehehee. Gimana pak??

bruri

Number of posts : 3
Age : 31
Location : Jakarta
Registration date : 2008-04-17

View user profile http://www.b-graphic.blogspot.com

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by mr.nico on Tue 22 Apr 2008, 12:12

oh distro yang sya buat itu memiliki kelebihan,cntohnya distro ini memiliki pelayanan yang baik,tempatnya yang nyaman cocok untuk nongkrong para anak2 muda,yang paling penting distro ini memiliki 90 distributior produknya,dibanding distro2 yang ada disekitarnya biasanya mereka membatasi jumlah distribuor tapi distro ini tidak sehingga lebih banyak pilihan produk yang akan menarik minat konsumennya,,,

mr.nico

Number of posts : 20
Registration date : 2008-04-15

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by mr.nico on Tue 22 Apr 2008, 12:18

kelebihan dari distro ini adalah tempatnya yang nyaman sangat cocok untuk tempat nongkrong anak2 muda,pelayanannya pun cukup baik sehingga konsumen yang datang puas dengan pelayanan distro ini.
Dan yang utama distro ini memiliki +- 90 distributor produk sehingga banyak pilihan bagin konsumen,dibanding distro2 sekitar,mereka biasanya dibatasi dalam distributornya.Jadi para konsumen puas dengan barang yang ada di distro ini,karena lebih banyak pilihannya...

mr.nico

Number of posts : 20
Registration date : 2008-04-15

View user profile

Back to top Go down

konsep usaha

Post by ahmadfaiz on Tue 22 Apr 2008, 20:47

Jenis Usaha : Design & Photography

Bidang Usaha :
- Fotografi Pernikahan
- Undangan Pernikahan
- Fotografi Dokumentasi
- Video Shooting
- Media Promosi
- Merchandise
- Stationary

Segmentasi :
- Sekolah
- Kampus
- Lembaga Swadaya Masyarakat
- Perusahaan Swasta

Deskripsi
Usaha yang saya rencanakan bergerak di bidang fotografi dan desain, dengan bidang usaha yang telah disebutkan di atas. Tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk meluas ke bidang yang laen. Fotografi pernikahan ya sebatas akad nikah dan resepsi termasuk juga liputan pernikahan, termasuk undangan pernikahannya juga. Dalam bidang fotografi dokumentasi, ya misalnya mendokumentasikan event-event, dll. Baik dalam bentuk foto maupun video shooting. Untuk jasa desain, membuat desain untuk media promosi, merchandise, stationary. Dalam hal ini hanya sebatas desain aja, tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk jasa percetakannya juga.

Untuk segmentasi, kebetulan saat ini saya aktif di organisasi yang mengorganisir organisasi kerohanian yang ada di seluruh kampus dan sekolah se Jagakarsa, termasuk mempunyai akses dengan beberapa guru-guru di sekolah tersebut. Ya minimal saya bisa mengakses sekolah-sekolah untuk program buku tahunan, dari foto, desain sampai mencetak buku tahunan tersebut. Selain itu juga membuat media promosi juga bisa diakses. Selain sekolah dan kampus, saya mempunyai relasi yang menjadi pimpinan atau bekerja di LSM yang bersifat local maupun skala nasional.


Last edited by ahmadfaiz on Wed 23 Apr 2008, 20:52; edited 1 time in total

ahmadfaiz

Number of posts : 10
Age : 31
Location : Jakarta Selatan
Registration date : 2008-04-16

View user profile

Back to top Go down

Tanggapan u/ Konsep Fika

Post by DendiPratama on Tue 22 Apr 2008, 21:00

fika wrote:DisTro Kampus yang berada didaerah Depok.

Keren ga Pak..?

Keren...

fika wrote:
Di Unindra kan ada peraturan memakai kemeja...

Bagaimana klo bikin Distro Kreatif di deket Unindra?
DisTro-nya menjual Kemeja, Kaos berkerah, Tas, Sepatu, dan aksesoris.
Desain kaos berkerah & kemeja boleh dari komputer trus disablon digital.
Untuk desain sepatu dan Tas, di cat pakai cat khusus bahan.. bernilai seni.. seperti sapuan kuas yg membentuk ornamen atau apa saja. Desain dengan komputer juga bisa.

segment nya anak unindra ya? bisa balik modal cepet gak???

fika wrote:
Kan aNak DeKaVe banyak Pak..
Atau setelah si kreator itu mendesain sendiri, ya boleh dibawa pulang setelah membayar sepatu polos tinta bahan itu, misalnya.

kalo anak dkv nya cerdas, dia beli bahan dan cat sendiri, jauh lebih murah daripada beli kaos polos dan "sewa" cat di distromu kan? atau yakin bisa kasi harga murah?

_________________
"Hidup ini indah, nikmati saja."

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Tanggapan u/ Konsep Retno

Post by DendiPratama on Tue 22 Apr 2008, 21:09

Retno Dwi MP wrote:Rencana wirausaha : Warung
makan masakan Jepang.



Alasannya; kenapa disebut
warung? Karena warung makan ini rencananya dibuat dipinggir jalan atau warung
makan pinggiran. Umumnya masakan Jepang selalu ada di mall-mall atau food court-foodcourt,
dan terkesan mewah juga mahal. Tujuannya dibuat warung makan masakan Jepang ini
agar menunjukkan bahwa masakan Jepang
juga dapat dinikmati dipinggiran jalan.



Segmentasi
: masyarakat umum, Pondok Pinang, Jakarta
Selatan.

Kalo kamu jalan-jalan malam di daerah Radio Dalam (juga di Jakarta Selatan), banyak ditemui sepanjang jalan warung-warung tenda yang menyajikan hidangan khas Jepang, dengan harga yang murah sampai yang sama aja dengan resto di mall/ food court.

Di lapangan parkir sebelah Cilandak Mall dan di depan Tamam Makam Kalibata juga ada.

Hoka-hoka Bento yang dinilai "terkesan mewahdan mahal", ternyata punya menu yang terjangkau. tempatnya jelas lebih nyaman dari warung.

Jadi, inovasinya apa?

_________________
"Hidup ini indah, nikmati saja."

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Tanggapan u/ Konsep Bruri

Post by DendiPratama on Tue 22 Apr 2008, 21:15

bruri wrote:kalo saya, meskipun ga punya bakat di bidang fotografi, tapi saya pengen punya ...apa ya kayak biro fotografer gitu atau advertising kecil2an untuk menengah kebawah...tapi dengan harga miriiiiing banget...ini dikarenakan masyarakat di Indonesia khususnya DKI Jakarta masih banyak yg tergolong kelas bawah (tetapi setiap manusia pasti ada keinginan untuk bisa memiliki memori2 yg terekam dalam waktu yang lama)
biro fotografer (atau fotografi ya?)/ advertising kecil2an + harga miring = usaha kios pinggir jalan??
begitukan?? Rolling Eyes

bruri wrote:Pemasaran dilakukan lewat media cetak dan internet...
Menengah ke bawah banyak ya yang sering main internet??? scratch


bruri wrote:untuk karyawan saya bisa bikin iklan ex. "Dibuka lowongan kerja praktek Desain/fotografi bla...bla..." Jadi mereka untung bisa dapet KP saya juga untung dapet duit...hehehee. Gimana pak??

bagus, tapi gimana dengan konsistensi kualitas? fotografi dan desain walaupun ada standar, tetep yang keluar "gaya" yang bikin. Bisa dijamin? apalagi yang magang kayak mahasiswa DKV Unindra....upppssss... Embarassed

_________________
"Hidup ini indah, nikmati saja."

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by DendiPratama on Tue 22 Apr 2008, 21:17

mr.nico wrote:kelebihan dari distro ini adalah tempatnya yang nyaman sangat cocok untuk tempat nongkrong anak2 muda,pelayanannya pun cukup baik sehingga konsumen yang datang puas dengan pelayanan distro ini.
di tebet, tempatnya udah nyaman2 dan pelayanannya bagus-bagus kok.... jadi lebihnya distromu apa?

mr.nico wrote:Dan yang utama distro ini memiliki +- 90 distributor produk sehingga banyak pilihan bagin konsumen,dibanding distro2 sekitar,mereka biasanya dibatasi dalam distributornya.Jadi para konsumen puas dengan barang yang ada di distro ini,karena lebih banyak pilihannya...
wow, belum bisa komentar, ntar saya cari info-info dulu.....

_________________
"Hidup ini indah, nikmati saja."

DendiPratama
Admin

Number of posts : 105
Location : Republik Indonesia Raya
Registration date : 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

konsep usaha : wedding photography

Post by dije.dizze on Tue 22 Apr 2008, 21:57

hallo pak..
mudah2an blm ada kata terlambat ya...

konsep usaha fotografi wedding
segment menengah keatas
jasa fotografi wedding yg digeluti :p pre wedding,liputan n candid

kenapa ngambil konsep di atas?
jd gini...sedikit pengetahuan saya di dunia2 orang mau nikah, apalagi kalangan menengah keatas gitu biasanya mereka cari2 foto yang lepas dr paket ( mis. paket catering / paket2 wedding lain)...
nah saya mau memanfaatkan situasi di atas...

sekian dulu..
mohon sarannya....

dije.dizze

Number of posts : 2
Registration date : 2008-04-22

View user profile

Back to top Go down

gabungan tempat makan + toko aksesoris cw

Post by istie on Tue 22 Apr 2008, 22:23

hi....
mudah2an pak dendi sempet baca ya....:p

konsep usahanya : masih gado-gado...

bingung ngejelasinnya...
tapi saya coba, gini....

saya m buka usaha, 1 tempat...
lebih k tempat buat makan, buat nongkrong juga, ada sdikit buat blanja2nya...
di dalam ruangan dan halaman belakang gitu buat tempat makan n minum, makanan n minuman yg di jual jg macem2, tp spesifik untuk minuman, saya m ngejual jus yg sehat n murah meriah...dan untuk makanan yg lebih ngebuatnya g pake lama.....

trus di satu sdut ruangan, itu ada kaos2, kemeja2 simple, aksesoris2 simple n murah meriah, ya kira2 produk2 buat cw gitu, kisaran harga paling mahal 40rb.... jadi yg makan n minum d situ bisa sekalian liat2 n blanja murah....jadi pas pulang klo tnyata g suka ma baju yg dibelinya g nyesel2 amat bli baju kemahalan...

o iya, konsep penjualan baju, kaos2 n aksesorisnya ada campuran garage sale, bisa dari barang2 pemilik usaha sendiri, temen2nya, atw siapa aja yg mau titip, dgn catatan barang yg mau di titip jual masih layak untuk di jual lagi...

baru sampe situ si....
segmentnya blm tau, antara m nempatin di lingkungan kampus aja atau lingkungan kampus yang ada kantor2nya jg.....

mohon sarannya....
trims

istie

Number of posts : 2
Registration date : 2008-04-22

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by amungk on Fri 25 Apr 2008, 17:42

Bidang Usaha : Jasa

Jenis Usaha :
- Penyewaan Studio Musik
- Recording
- Merchandise

Segmentasi :
- Remaja

Lokasi :
- Lingkungan Masyarakat

Remaja adalah masa dimana seseorang merasakan hidup yang senang, ceria, penuh warna, dan tentunya musik adalah trend yang ga bisa dilewatkan oleh masa tersebut. apalagi selisih harga dengan kompetitor lain lebih terjangkau.

trims....

amungk

Number of posts : 5
Location : South Jakarta
Registration date : 2008-04-21

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by asmaulhusna on Sun 27 Apr 2008, 13:15

saya pingin buka studio foto di bojong p. kebanyakan di bojong biasa aja. kalo dijakarta kan sudah banyak yang lebih berkualitas tinggi. tapi dibojong masih belum.
saran bapa gimana?

asmaulhusna

Number of posts : 7
Registration date : 2008-04-22

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by ronie on Tue 29 Apr 2008, 13:37

istimewanya warnet saya pa, tempatnya nyaman tidak panas, komputer pentium 4, akses cepat..
kalo tidak main internet, tersedia juga rental untuk pengetikan dan pengerjaan tugas2 harganya lebih murah..buka 24 jam nonstop cocok untuk anak2 DKV yang tidak punya komputer Laughing
fasilitas2nya ok contohnya printer w/b, color untuk A3, scan, copy CD yang sangat murah..dibanding dengan warnet2 yang ada di sekitar UNINDRA tempatnya sangat tidak nyaman,,banyak virus,,komputernya lemot..

ronie

Number of posts : 4
Registration date : 2008-04-17

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by fika on Tue 29 Apr 2008, 16:19

Pak, Saya bingung Pak, mau merencanakan usaha
apalagi...





Pengen usaha fotografi tapi udah banyak..


Tapi apa gak papa banyak yang sama?





Misalnya saya usaha pre wedding dan wedding
photography sekaligus nerima bikin undangan, jual souvenir, gimmick etc....
yang inline sama tema apa yang mau dipakai oleh calon pengantin...






Misal..


Ada pasangan yang pengen tema perkawinannya
itu “innocent soul”..


Jadi serba putih semua (kayak pengantin
barat..)


Dari mulai preweddingnya pake baju putih,
environment-nya dibikin gaya infra red.


Undangannya nuansa putih, dipercantik dengan
ornamen-ornamen ungu dan pink (klo putih semua gak keliatan dunk..)


Souvenirnya misalnya gantungan angsa putih..





Tapi
klo gak kayak gitu ga papa, misalnya maunya foto biasa aja.





Gimana Pak? confused

fika

Number of posts : 9
Age : 30
Location : jakarta
Registration date : 2008-04-16

View user profile http://ariefika.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by mr.nico on Sun 18 May 2008, 21:02

Pada distro yang menjadi usaha saya ini memiliki kelebihan2 dbanding distro sekitarnya,antara lain
-Distro ini memiliki 2 pintu masuk sehingga memudahkan konsumen untuk masuk,yaitu dari pintu depan dan pintu samping
-Ada fasilitas toilat yang memiliki AC.
-Ada juga sofa yang nyaman untuk konsumen sekedar bersantai..
-Ruangan full AC lalu juga memutarkan lagu2 yg sedang trend/hits
lagu2 yg dputarkan tidak hnya dri lokal tetapi jg lagu2 internasional,tetapi berhbung konsumen rata2 anak remaja,maka lagu yg dputarkan adalah dari band2 terkenal.sehingga mbuat konsumen mrasa lebih nyaman berada didalam distro ini.
-Lalu distro ini juga mmiliki TV flat untuk skedar mmberikan informsai&hburan untuk konsumen.Biasanya acra Tv yg dputar adlah acar2 dri luar negeri dgn mggunkan fsilitas para bola
Itulah kelebihan2 dari distro yg sya buat yg tidak dmiliki oleh para distro pesaing dsekitarnya...
Very Happy

mr.nico

Number of posts : 20
Registration date : 2008-04-15

View user profile

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by wulandari on Mon 19 May 2008, 17:03

Kewirausahaan
Aspek Pasar

A.Gambaran Umum
1. Jenis Produk/ jasa :
Warung Internet
2. Target Pasar :
anak-anak hingga dewasa.


B.Permintaaan (Pembeli)
· Perhitungan Pembeli
1. Lokasi :kelurahan Kebagusan
2. Jumlah Penduduk :38.272 orang
3. Usia : 15– 39 tahun (17.922 orang)
4. Pendapatan :kelas Menengah
5. Potensi Pembeli : 10.000 orang
6. Konsumsi perbulan :10.000 x 4 = 40.000
7. Konsumsi pertahun : 40.000 x 12 = 480.000


C.Penawaran (Pesaing)
1. Identifikasi Kapasitas:
Setelah di identifikasi kapasitas dari pemakaian jasa internet baru
terpenuhi sekitar 250.000
2. Pesaing Utama :

a. Warnet Ocha
Letak :di jalan kebagusan IV, dipinggir jalan
Lama berdiri :2 tahun
Biaya :Rp 4.000 perjam, dengan paket 3 jam RP 10.000
Jumlah komputer : 10 unit
Kondisi ruangan : ber-AC, privasi masih kurang
Fasilitas : hanya tiga yang memiliki head-seat,
ada layanan print hitam putih dan warna, tidak ada web-cam

b. Warnet Mega
Letak : di jalan Kebagusan II,di pinggir jalan
Lama berdiri : kurang dari 1 tahun
Biaya :Rp 4.000 perjam, dengan paket 3 jam RP 10.000
Jumlah komputer : 10 unit
Kondisi ruangan : ber-AC, privasi cukup
Fasilitas : memiliki head-seat, ada
layanan print hitam putih dan warna, tidak ada web-cam


D.Pangsa Pasar
1. Proyeksi


Tahun

Permintaan

Penawaran

Peluang

Rencana

Pangsa Pasar

2008

480.000

250.000

230.000

200.000

200.000 x 100%= 57.14 %
350.000

Jadi diperkirakan warnet ini akan mendapatkan 57.14 % dari
penggunaan jasa internet yang sebesar 480.000
2. Asumsi
Pertumbuhan Rencana Perusahaan:
1. Membuka restoran
2. Membuka jasa Photocopy



E.Program Strrategi Pemasaran:
1. Produk
1. Jumlah Komputer : 20 unit dengan Ram 256, hardisk 60 GB
2. Ruangan :ber-AC
3. Fasilitas :masing-masing komputer memiliki web-cam, head-seat, dan speaker aktif. Dan akan
ada layanan print hitam putih dan warna.
4. Harga
Biaya internet perjam :Rp. 3.000
Biaya perpaket : Rp 5.000 (2 jam), Rp 8.000 (3 jam)
Biaya print : hitam putih : Rp 300
Warna :Rp 1.000 (tergantung banyaknya warna )
5. Promosi
Pada awal pembukaan akan dilakukan promosi harga sebesar Rp 2.000 selama 2 bulan. Kemudian
dilakukan penyebaran leaflet dan famplet di wilayah Kebagusan.

ok deh Pak saya tau ada yang kurang...jd saya survei dulu ya pak...
Tq

wulandari

Number of posts : 12
Registration date : 2008-04-16

View user profile

Back to top Go down

kewirausahaan

Post by Retno Dwi MP on Mon 19 May 2008, 17:12

Aspek Pasar
A. Gambaran Umum

1. Nama Warung dan Bentuk : Yaki Shab Japanese food, bentuk
warung pinggir jalan yang dikelilingi oleh kain, dengan dua tempat yang berbeda
berbentuk gerobak besar dan etalase kecil yang bercirikan Jepang, satu gerobak
besar untuk tempat makan sedangkan etalase kecil untuk memajang merchandise.


2. Jenis Produk : Berupa warung makan masakan Jepang plus
merchandise

a. Jenis masakan :
· Yakiniku : babat, ayam, ampela, cumi, beef burger, ikan.
· Shabu-shabu : udang, cumi, baso ikan, baso sapi, kerang,
kepiting, tofu, telur, pangsit, bawang
bombay, sawi putih,
kangkung, wortel, bayam.

· Juga ada makanan yang digoreng dan ditumis seperti : tempura
dan teriyaki.

· Juga ada kue cemilan seperti dorayaki.

b. Jenis minuman : Teh, kopi, juice dan soft drink.
c. Jenis merchandise : boneka Jepang, kipas Jepang, sumpit yang
bermotifkan sulur-sulur, gantungan kunci berbentuk boneka Jepang.


3. Target Pasar :
a. Kelas : B-C
b. Domisili : Pondok Pinang dan sekitarnya
c. Segment : Pria dan wanita
d. Usia : 6-50 tahun

B. Permintaan (pembeli)
1. Lokasi : Pondok Pinang
2. Jumlah penduduk : 61.913 orang
3. Usia : 0-75 tahun
4. Pendapatan : diperkirakan Rp. 500.000-Rp.10.000.000 keatas
5. Potensi pembeli : 70 % x 61.913 = 43.339
6. Konsumsi per bulan : 150 porsi
7. Konsumsi per tahun : 150 x 12 = 1800 porsi setahun

C. Penawaran (pesaing)
1. Identifikasi kapasitas : diperkirakan > 2000 porsi per tahun
2. Pesaing utama :
a. Nama : Warung makan masakan Jepang di daerah Radio Dalam
b. Keunggulan : lokasi strategis di pinggir jalan
c. Produksi : Aneka masakan Jepang

D. Pangsa Pasar
1. Proyeksi


Tahun

Permintaan

A

Penawaran

B

Peluang

C=A-B

Rencana

D

Pangsa Pasar

E=Dx100%
B+D

2008

43.339

2.000

43.339-2.000

=
41.339


1.800

1800x100%
2000+1800 = 48%

2009

47.762

2.100

47.762-2.100

=
45.662


1.980

1980x100%
2100+1980 =
49 %


2010

52.538

2.205

52.538-2.205

=
50.333


2.178

2178x100%
2205+2178 =
50 %

2. Asumsi pertumbuhan per tahun
a. Pertumbuhan permintaan diperkirakan 10 %
b. Pertumbuhan penawaran diperkirakan 5 %
c. Pertumbuhan rencana perusahaan 10 %

E. Program Strategi Pemasaran
1. Produk
a. Mutu Produk menggunakan bahan makanan yang bersih, baik dan
halal.

b. Ukuran pada porsi makanan diperkirakan satu ukuran piring
makan standar.

c. Kemasan pada porsi yang dibungkus menggunakan kardus makan,
yang didalamnya ada plastik untuk menyusun makanan agar terlihat menarik.


2. Layanan dilakukan dengan
· Konsep “senyum, sapa, santun dan ramah” atau 3S&R.
· Pelayan yang melayani mengenakan pakaian khas Jepang yaitu,
YUKATA, dipilih YUKATA karena ketika mengenakan pakaian tersebut tidak bertumpuk,
sehingga memudahkan untuk bergerak.

· Layanan pesan antar dilakukan hanya pada area terdekat saja
kurang lebih 2 KM dari lokasi warung juga dengan jumlah pesanan minimal 2 porsi.


3. Harga
a. Harga Satuan per porsi Rp. 3.000-Rp. 20.000
b. Harga merchandise Rp. 2.000-Rp. 15.000
c. Cara Pembayaran dilakukan cash atau bayar tunai langsung.
d. Potongan harga diberikan pada merchandise yang ditawarkan
misalnya dengan makan seharga Rp. 30.000 dapat potongan harga untuk membeli
merchandise seharga Rp. 10.000 sedangkan harga awal dari merchandise tersebut
Rp. 15.000.


4. Distribusi
a. Saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi
nol-tingkat yaitu, saluran pemasaran langsung dari produsen ke konsumen.

b. Gudang distribusi untuk warung makan masakan Jepang ini,
bukan sebuah tempat yang besar untuk menyimpan barang dagangan kemudian
menyalurkannya tetapi hanya menggunakan tempat kecil seperti freezer untuk menyimpan bahan makanan
agar tidak busuk, kemudian dapat langsung digunakan untuk produksi.

c. Transport untuk pengiriman produk hanya menggunakan alat
transportasi motor, agar pengiriman produk cepat sampai ketujuan.


5. Promosi yang dilakukan menggunakan leaflet yang disebar
kerumah-rumah dan kendaraan yang lewat. Area promosi Pondok Pinang, Pondok
Indah dan Bintaro.


Last edited by Retno Dwi MP on Mon 19 May 2008, 18:26; edited 1 time in total

Retno Dwi MP

Number of posts : 11
Age : 32
Location : Jakarta
Registration date : 2008-04-16

View user profile http://kubano.page.tl

Back to top Go down

Re: Kewirausahaan - Konsep Usaha

Post by Sponsored content Today at 03:11


Sponsored content


Back to top Go down

Page 1 of 2 1, 2  Next

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum