UTS KEWIRAUSAHAAN -> ASPEK PASAR

View previous topic View next topic Go down

UTS KEWIRAUSAHAAN -> ASPEK PASAR

Post by ahmadfaiz on Mon 19 May 2008, 23:57

ASPEK PASAR

A. Gambaran Umum

Pengobatan Nabi adalah cara yang saat ini masih sangat langka diterapkan dan diamalkan oleh kaum muslimin. Perlu adanya upaya yang harus dilakukan untuk menghidupkan sunnah Rasulullah SAW di tengah masyarakat yang telah melupakan sunnah-sunnah beliau. Pengobatan Nabi (Thibbun Nabawi) adalah cara yang paling efektif dalam hal pengobatan, dengan cara ini semua penyakit yang diderita manusia dapat sembuh tanpa ada efek apapun. Beda halnya ketika pengobatan yang
dilakukan melalui metode yang dikembangkan oleh dunia barat, setelah sembuh dari penyakit tertentu kemungkinan akan timbul penyakit-penyakit lainnya.


Pengobatan nabi ada beberapa cara diantaranya adalah :
a) Hijamah / bekam
Bekam adalah salah satu pengobatan dengan metode mengeluarkan darah kotor yang ada di balik permukaan kulit dengan cara ditoreh menggunakan benda tajam. Ini metode sangat efektif untuk pengobatan, ada 72
macam penyakit yang dapat disembuhkan melalui metode ini.


b) Madu
Madu adalah salah satu obat yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Madu merupakan obat bagi semua penyakit manusia, karena di dalamnya terdapat kandungan obat bagi manusia.

c) Habbattussauda / jintan hitam
Sebagaimana sabda rasul : madu merupakan obat dari semua penyakit kecuali maut,

Tentunya kita menginginkan yang terbaik untuk tubuh dan keuangan kita, pengobatan secara medis dengan penyakit tertentu membutuhkan biaya yang besar. Tetapi dengan pengobatan nabi, tidak banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk penyakit yang sangat kronis dan mungkin dalam dunia medis tidak dapat disembuhkan.

1. Jenis produk / Jasa

Jenis Usaha : Rumah Sehat pengobatan Syariah
Bidang usaha : Bekam dan distribusi herbal produk naturaid

Mencoba mensosialisasikan kepada kaum muslimin tentang bagaimana pengobatan yang sesuai syariah Islam dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

2. Target pasar
Segmentasi yang ingin dicapai dari jenis usaha ini adalah masyarakat di lingkungan kelurahan ciganjur khususnya dan kecamatan jagakarsa pada umumnya.

B. Permintaan (pembeli)

* Perhitungan pembeli
1. Lokasi : lingkungan kelurahan ciganjur
2. Jumlah penduduk : 15.000 jiwa
3. Usia : 20 – 50 tahun
4. Pendapatan : kelas ekonomi bawah - atas
5. Potensi Pembeli : masih rendah karena banyak yang belum paham
6. Konsumsi Perbulan : 150 orang setiap bulan
7. Konsumsi Pertahun : 150 x 12 = 1800 orang setiap tahun

C. Penawaran (pesaing)
1. Identifikasi kapasitas
- Merupakan MLM yang membuka cabang di daerah Jagakarsa
- Pasien yang datang mencapai rata-rata 10 orang setiap harinya, jumlah dalam satu bulan sebanyak 300 orang, dalam setahun 3600 orang
- Herbal yang digunakan merupakan racikan dari Malaysia dengan merek dari MLM tersebut.

2. Pesaing utama
Nama :Herba Penawar Al-Wahida (HPA)
Keunggulan : Tenaga medisnya lebih terampil dan mayoritas lulusan kuliah pengobatan syariah di Malaysia
Produksi :- mempunyai produk Herbal sendiri

D. Pangsa Pasar

1. Proyeksi


Tahun

Permintaan

Penawaran

Peluang

Rencana

Pangsa pasar


2008

150

300

150

100

P = 100x100%
400
= 25%


2009

175

250

75

150

P = 150x100%
400
= 37,5 %

2. Asumsi
- Pertambahan penduduk diperkirakan rata-rata sebanyak 500 orang pertahun, otomatis permintaan juga semakin meningkat diperkirakan mencapai kira-kira 10%
- Pertumbuhan ekonomi semakin meningkat yang akan meningkatkan penawaran juga.
- Rencana kenaikan setiap tahunnya minimal 10%

E. Program Strategi Pemasaran

1. Program
a) Mutu
Kualitas pengobatan nabi melebihi pengobatan yang dikembangkan oleh dunia barat, dengan metode ini bisa menyembuhkan semua penyakit kecuali maut, metode pengobatan nabi dapat menyembuhkan penyakit yang secara medis telah divonis tidak dapat disembuhkan. Semua itu tentunya dengan izin ALLAH SWT.
b) Ukuran
Rumah sehat yang coba dibangun diatas tanah seluas 200 meter, dengan dibagi kira-kira ada 10-15 kamar.
c) Kemasan
Rumah sehat yang coba digulirkan, diupayakan untuk menyerupai bangunan-bangunan rumah sakit atau puskesmas yang ada.
d) Layanan
Untuk layanan bekam dipisahkan antara pasien laki-laki dan perempuan, metode bekam kami juga memberikan pelayanan penjualan produk herbal untuk membantu proses penyembuhan. Selain itu ada tes gula darah, tensi darah dan mendiagnosa penyakit melaui lidah dan telapak tangan

2. Harga
a) Harga satuan
- Untuk biaya bekam tidak ditentukan harganya, mengeluarkan infaq sesuai dengan kemampuan berkisar antara : 15.000 – 100.000
- Untuk tes gula darah : Rp. 25.000,-
- Harga herbal


Power Cleanser kecil

Rp. 40.000

Zait Sauda

Rp. 25.000

Madu Muwallad

Rp. 60.000

Madu Madinah

Rp. 80.000
b) Cara pembayaran
Pembayaran dilakukan secara tunai

3. Promosi
Promosi yang dilakukan dengan beberapa media promosi, diantaranya spanduk, poster, flyer, brosur. Selain itu juga diadakan grand opening untuk pembukaan dan peresmian rumah sehat tersebut.

ahmadfaiz

Number of posts : 10
Age : 31
Location : Jakarta Selatan
Registration date : 2008-04-16

View user profile

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum