Tugas tekhnik presentasi-“ Perkembangan dunia Desain Komunikasi Visual di Indonesia, serta Tantangannya di Masa Depan “kelompok I-IV sore

View previous topic View next topic Go down

Tugas tekhnik presentasi-“ Perkembangan dunia Desain Komunikasi Visual di Indonesia, serta Tantangannya di Masa Depan “kelompok I-IV sore

Post by Taufik Akbar on Fri 16 May 2008, 10:16

[b]TUGAS[/b][b][/b]
[b]TEHNIK PRESENTASI[/b]
[b]“ Perkembangan dunia Desain Komunikasi Visual di Indonesia, serta Tantangannya di Masa Depan “[/b]


[b][/b]
[b] [/b]
[b] [/b]
[b] [/b]
[b] [/b][b]Kelompok 1[/b]

[b][/b][b]1. [/b][b]Aranda. Yuliaratna 200646500044[/b]

[b][/b][b]2. [/b][b]Taufik. Akbar 200646500045[/b]

[b][/b][b] 3. [/b][b]Yatin nita. M [/b]

[b][/b][b][/b]
[b][/b]
[b]prodi : dkv[/b]
[b]semester : 4 sore[/b]
[b] [/b]



[b] [/b][b]Sehubungan dengan judul tugas yang sudah ditugaskankan kepada kelompok kami,yaitu “ Perkembangan Dunia Desain Komunikasi visual di Indonesia serta Tantangannya di Masa Depan”, kami akan mencoba untuk mengulas tema ini lebih dalam berdasarkan referensi- referensi yang kami dapat.[/b]

Definisi
Desain Komunikasi Visual adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk audio dengan mengolah elemen desain grafis berupa bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya.

Prinsip

Pesan visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancar), komunikatif, efisien dan efektif, sekaligus indah/estetis.

Instilah

§ Seni Grafis / Graphic Arts, termasuk ke dalam kelompok bidang ilmu Seni Murni.

§ Grafis / Graphic, adalah hal yang berkaitan dengan tulisan atau gambar yang mengandung makna untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi.

§ Desain Grafis / Graphic Design, istilah yang dipakai sebelum menggunakan istilah Desain Komunikasi Visual, berasal dari kata bahasa Yunani “Graphos” yang berarti “tulisan/gambar”.
Untuk mengantisipasi perkembangan dunia komunikasi visual serta perannya yang semakin luas, maka digunakan istilah: Desain Komunikasi Visual.

Perlunya Pendidikan Desain Komunikasi Visual


§ Mengenal konsep Desain Komunikasi Visual sebagai Dasar Perancangan/Desain dan Strategi Komunikasi.

§ Mengenal Desain Grafis (Desain Komunikasi Visual) dan Bahasa Rupa sebagai Pengolah Visual Data Informasi.

§ Mengenal secara teknis prinsip, proses teknologi informatika dan sistem informasi manajemen.

§ Memahami elemen desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang efektif, efisien, komunikatif dan estetis kreatif dalam konteks konsep-policy/planning/ strategy dan implementasi serta evaluasi.

§ Memahami strategi komunikasi, psikologi dan sosial/ antropologi budaya.

§ Memahami beberapa media baru, terutama dunia media / ruang cyber sertatekniknya,yaitu:
a.Animasi–AudioVisual(MixMedia)
b. Interaktif media dan web/website yang biasa dipergunakan untuk melengkapi E-media dan Mixmedia/Multimedia.


§ Menguasai konsep perancangan / desain komunikasi visual dan pemasaran global secara universal.Menguasai proses dan tehnik perancangan /desain yang dapat mengantisipasi perkembangan dunia kewirausahaan/enterprenuership.



Perkembangan Dunia Desain Komunikasi Visual di Indonesia serta Tantangan yang akan dihadapi di masa depan.

Perkembangan design saat ini cukup pesat diIndonesia karena seiring dengan berkembangnya teknologi diIndonesia yang semakin canggih, misalnya jika ditinjau dari segi design - design yang sudah ada terutama design multimedia dan banyaknya software - software yang sangat mendukung dalam pembuatan design. Dari perkembangan design yang semakin pesat di indonesia terutama perkembangan multimedia kami mendapatkan informasi ternyata ada sebuah software yang bisa menjawab semua itu dalam pembuatan design terutama dalam melayout, yaitu Adobe InDesign CS2. kami menyadari bahwa ternyata kehadiran Adobe InDesign CS2 memang belum terlalu banyak disambut banyak orang terbukti dengan dominasi Adobe Page Maker yang semakin kuat tetapi Adobe Crop sudah mengambil sebuah keputusan tidak lagi mengembangkan PageMaker, dan InDesign CS2 hadir untuk menggantikan Page Maker.
Adobe InDesign CS2 adalah sebuah inofasi yang sangat berguna bagi seorang Designer grafis dalam melayout atau untuk membuat publikasi. InDesign CS2 menyediakan beragam tool canggih serta fasilitas-fasilitas menarik yang akan membantu anda membuat publikasi menawan. untuk sekedar informasi saja program ini cukup mudah untuk dipelajari karena merupakan pengembangan dari software - software yang sudah ada di dalam mendesign. Oleh sebab itu dengan adanya InDesign CS2 dapat memformat karakter dan paragraf, memanipulasi gambar, membuat berbagai macam efek, menggunakan beberapa halaman master pada sebuah dokumen, membuat transparasi, mencetak halaman siap, melakukan proses separasi, dan lain-lain.
Program Adobe InDesign CS2 memang sangat membantu untuk membuat design halaman publikasi tetapi tanpa mengurangi rasa hormat kami terhadap program ini, memang masih saja ada kekurangan dalam program ini oleh karena itu kami masih menanti perkembangan design khususnya dalam software InDesign CS2 yang akan datang sehingga kami mampu menggunakan dan mengeksplorasi fasilitas-fasilitas yang disediakan dan berusaha mampu memahami materi secara terstruktur terhadap aplikasi baru yang akan disajikan terhadap Adobe InDesign.


Selain software- software canggih yang belakangan ini sudah mulai bermunculan, ada 1 hal lagi yang mengalami perkembangan yaitu faktor sumber daya manusia.Sumber daya manusia yang dimaksud disini adalah seseorang yang terjun dan berkecimpung di dalam dunia design, baik secara otodidak ataupun secara pendidikan formal yang ditekuni.Terbukti dengan makin maraknya ajang perlombaan design dan event- event pameran dengan tujuan memperkenalkan dunia desain kepada khalayak.



Setiap ada perkembangan dan kemajuan, disitulah ada tantangan yang akan dihadapi. Tidak selalu suatu hal akan terus maju dan berkembang tanpa adanya suatu tantangan.Dari tantangan itulah kita belajar dan maju untuk memperoleh hasil yang maksimal.Isu yang belakangan ini sedang hangat diperbincangkan oleh sebagian orang yang mendalami dunia design komunikasi visual adalah ” Advertising Down dan dikuasai oleh Advertising asing ”.Memang pelik dan menggemaskan jika hal ini sampai terjadi. Coba kita tengok sekilas dunia design yang notabene merupakan sahabat dari ilmu advertising yang dahulu sempat ” tercekik ” karna adanya keterbatasan alat penunjang dan keterbatasan sumber daya manusia,dan sekarang sudah berangsur- angsur pulih dan mengalami perke mbangan. apakah kita akan diam saja melihat itu semua di rampas, ketika dunia ini sedang maju?dengan lantang kami katakan TIDAK RELA!!!!!. Advertising down dan Dikuasai oleh advertising Asing adalah sebuah fenomena yang dapat terjadi karna adanya penurunan kualitas dari dunia advertising dibandingkan dengan advertising asing, yang imbasnya akan mengakibatkan majunya advertising asing dan dikuasai oleh mereka.fenomena ini dapat terjadi jika kualitas tenaga kreatif dalam biro iklan di Indonesia dewasa ini baerkesan rendah yang nantinya akan membawa pada praktek pembuatan iklan yang melanggar kode etik maupun standar nilai yang dihormati dan munculnya suatu persepsi bahwa Indonesia belum becus untuk menangani dan membuat iklan yang bermutu. Ada penyakit pasti ada obatnya, advertising kita dikuasai? Masih ada penanggulannya!.itu semua dapat kita cegah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya yaitu dangan cara meningkatkan porsi pengetahuan tentang design dan cabang- cabang ilmunya, serta peningkatan media beserta alat- alat penunjangnya dan 1 lagi adalah tidak menutup diri dari wawasan dan ilmu pengetahuan tentang design yang ada di luar sana. Untuk itulah kami sebagai mahasiswa design yang nantinya akan menjadi generasi penerus, akan mencoba untuk mempertahankan apa yang sudah ada dan berusaha untuk memajukan kembali dunia DESIGN KOMUNIKASI VISUAL Indonesia. jadi tidak akan ada lagi anggapan bahwa mahasiswa design adalah mahasiswa yang sulit diatur dan tidak berkonsep.



Demikian penjelasan dari kelompok kami, Terima Kasih............






















Taufik Akbar

Number of posts: 3
Registration date: 2008-05-16

View user profile

Back to top Go down

Re: Tugas tekhnik presentasi-“ Perkembangan dunia Desain Komunikasi Visual di Indonesia, serta Tantangannya di Masa Depan “kelompok I-IV sore

Post by DendiPratama on Fri 16 May 2008, 22:19

Hehehe.. susah amat bacanya...
coba belajr nulis lagi Mas..... (maksudnya nulis di forum)

_________________
"Hidup ini indah, nikmati saja."

DendiPratama
Admin

Number of posts: 105
Location: Republik Indonesia Raya
Registration date: 2008-04-14

View user profile http://dendidendi.page.tl

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum